LATIHAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER 7
NAMA
KELOMPOK : KELOMPOK A
MATA KULIAH : PEMBELAJARAN BERWAWASAN
KEMASYARAKATAN
1.
Di bawah ini adalah penggolongan orang belajar menurut
Honey dan Mumford, kecuali….
A. kelompok konsepsi
B. kelompok aktivis
C. kelompok reflektor
D. kelompok teoris
2.
Peserta
didik yang melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar
mengajar termasuk kedalam kelompok….
A. konsepsi
B. aktivis
C. reflektor
D. teoris
3.
Peserta
didik yang kritis, suka menganalisis, selalu berfikir rasional, dalam kegiatan
belajar termasuk ke dalam kelompok…
A. konsepsi
B. aktivis
C. reflektor
D. teoris
4.
Ciri
khas pembelajaran dengan pendekatan teori humanistik adalah anak diajak
berfikir secara….
A. induktif
B. deduktif
C. koordinatif
D. komprehensif
5.
Di
bawah ini adalah pikiran Dewey yang dapat dilakukan agar sekolah menjadi
sekolah yang progresif, kecuali……….
A. Learning by doing
B. Individual
Learning
C. Learning by
experience
D. Sekolah
berfungsi memberikan motivasi bukan perintah.
6.
Menurut John Dewey menggunakan bahan belajar yang
bersumber dari lingkungan untuk digunakan di sekolah, merupakan tahapan……..
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Akhir
7.
Menurut
John Dewey, anak menemukan ide atau gagasan, mengujinya dan menggunakan ide tersebut
untuk memecahkan persoalan, merupakan tahapan…..
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Akhir
8.
Di
bawah ini adalah metode pembelajaran yang dipergunakan dalam pembelajaran
dengan pendekatan konstruktivisme, kecuali….
A. cooperative
learning
B. pembelajaran
berbasis proyek
C. penemuan
(discovery)
D. problem solving
9.
Di
bawah ini adalah prinsip konstruktivistik modern, kecuali…
A. kurikulum disusun
sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
B. pembelajaran sebagai hakikat sosial
C. belajar konsep harus berada pada zona
perkembangan terdekat
D. adanya
pemagangan kognitif
10.
Hakekat
pengetahuan menurut teori konstruktivistik adalah….
A. konstruksi kognitif
B. fakta pada suatu kenyataan dipelajari
C. kumpulan informasi
D. seluruh informasi yang diterima oleh zona
perkembangan terdekat
11.
Menurut
Ki Hajar Dewantoro, pendidikan adalah tuntunan….
A. untuk mengarahkan anak
B. untuk mendisiplinkan anak
C. di dalam tumbuh dan
berkembangnya anak-anak
D. untuk mendewasakan anak
12.
Yang
menjadi dasar pendirian Taman Siswa adalah seperti dibawah ini, kecuali…..
A. memberikan kesempatan kepada
pribumi untuk mendapatkan pendidikan
B. menerapkan
model pendidikan barat yang telah dimodifikasi untuk kepentingan pribumi
C. memberikan alternatif model
pendidikan yang berbeda dengan pendidikan barat
D. kekhawatiran akan pendidikan
barat yang tidak meyelesaikan peningkatan kualitas sumber daya manusia
13.
Di
bawah ini adalah pendekatan yang dipergunakan untuk Pendidikan Taman Siswa,
kecuali….
A. Pamong
B. Momong
C. Among
D. Ngemong
14.
Suatu bangsa dapat maju dan berkembang dengan dukungan
teknologi.Hal ini merupakan perwujudan kebudayaan sebagai….
A. rasa manusia
B. karsa manusia
C. karya manusia
D. spirit manusia
15.
Tata
cara perkawinan suku Sunda berbeda dengan tata cara perkawinan suku Batak. Hal
ini merupakan perwujudan kebudayaan sebagai….
A. adat istiadat
B. tingkah laku
C. gagasan
D. idiologis
16.
Perkembangan
masyarakat yang demokratis merupakan perwujudan dari masyakarat…
A. Berbudaya
B. Berdemokratisasi
C. Beradab
D. Berkepribadian
17.
Dari
keseluruhan unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat, unsur-unsur tersebut
yangpaling sulit berubah adalah
A. sistem pengetahuan
B. pranata
C. bahasa
D. sistem religi
18.
Kaidah
yang timbul dari masyarakat sesuai dengan kebutuhannya pada suatu saat
dinamakan….
A. adat istiadat
B. pranata
C. hukum
D. nilai
19.
Pola
perilaku suatu norma dipergunakan oleh sesorang apabila berhubungan dengan
orang lain, dinamakan….
A. organisasi sosial
B. hubungan sosial
C. kehidupan sosial
D. persatuan sosial
20.
Yang
dimaksud dengan proses sosialisasi adalah…
A. Membantu
individu untuk belajar terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat
B. Membantu individu memahami
karakteristik orang lain
C. Proses pendewasaan dari orang
dewasa kepada orang yang belum dewasa
D. Proses pembudayaan agar
seseorang memahami budaya yang dimiliki oleh orang lain.
21.
Yang
dinamakan konsep “sebab akibat sirkuler” menurut Krober dan Kluckhohn, memiliki
makna…
A. pendidikan memiliki kaitan yang erat dengan
kebudayaan
B. pendidikan memberikan
kontribusi terhadap pembentukan kepribadian seseorang
C. kepribadian
memiliki interaksi dengan kebudayaan
D. kebudayaan membentuk kepribadian seseorang
22.
Sesuatu
yang baru menurut suatu masyarakat, tetapi tidak oleh masyarakat lainnya
dinamakan….
A. Invesi
B. Penemuan
C. Discovery
D. Inovasi
23.
Pendidikan
mengutamakan kemandirian menuju keunggulan untuk meraih kemajuan dan
kemakmuran berdasarkan prinsip-prinsip
Pancasila. Hal ini termasuk pada….
A. Visi Pendidikan
Nasional
B. Misi Pendidikan Nasional
C. Tujuan Pendidikan Nasional
D. Kebijakan Pendidikan Nasional
24.
Pilar
pendidikan yang mengandung makna bahwa belajar adalah untuk menjalani kehidupan
bersama adalah…
A. Learning to
know
B. Learning to
do
C. Learning to
be
D. Learning to live together
25.
Demokratisasi pendidikan mengandung makna setiap pihak….
A. boleh
mendirikan sekolah
B. terlibat dalam pengambilan keputusan
C. bebas
menentukan biaya pendidikan
D. terlibat
dalam menentukan sumber belajar
26.
Setiap keputusan dalam pembelajaran berwawasan
kemasyarakatan harus dimusyawarahkan secara bersama. Hal ini termasuk pada
prinsip….
A. Determinasi diri
B. Membantu dirinya sendiri
C. Mengembangkan kepemimpinan
D. Pelayanan terpadu
27.
Setiap
warga belajar harus diberi kesempatan untuk meningkatkan potensi yang
dimilikinya. Hal ini merupakan prinsip….dari pembelajaran berwawasan
kemasyarakatan.
A. Determinasi diri
B. Membantu dirinya
sendiri
C. Mengembangkan kepemimpinan
D. Pelayanan terpadu
28.
Pelatihan diperuntukkan bagi pekerja agar mampu……
A. bersaing
B. mengerjakan
pekerjaannya
C. berdebat
D. tampil prima
29.
Pasal
26 ayat 3 UU Sisdiknas tahun 2003, tentang pendidikan nonformal memuat
tentang…..
A. Satuan Pendidikan
B. Program Pendidikan
C. Jenis Pendidikan
D. Tujuan Pendidikan
30.
Prinsip
belajar dari pendidikan kecakapan hidup melalui belajar untuk hidup bersama
dengan orang lain adalah…..
A. Learning to
know
B. Learning to
do
C. Learning to
be
D. Learning to live together
31.
The
Learness self konsep sebagai asumsi pendekatan pedagogi mengandung makna….
A. peserta didik memeliki kebutuhan untuk
mengetahui
B. konsep diri peserta
didik tergantung pada kepribadiannya
C. peserta didik disiapkan untuk mempelajari
sesuatu
D. orientasi peserta didik pada mata pelajaran
32.
Andragogi
sebagai pendekatan dalam pembelajaran diartikan sebagai seni dan ilmu….
A. untuk mengajar orang dewasa
B. untuk membantu memecahkan masalah orang
dewasa
C. dalam membantu
peserta didik untuk belajar
D. dalam memberikan layanan bagi orang-orang
dewasa
33.
Kegiatan
yang harus dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam pandangan
andragogi adalah, kecuali…..
A. membantu menciptakan suasana pembelajaran
yang kondusif
B. membantu
meningkatkan pembiayaan untuk pembelajaran
C. membantu menemukan kebutuhan belajar
D. membantu menilai kegiatan belajar
34.
Untuk
mengetahui konflik dari keanekaragaman budaya, yang perlu diperhatikan adalah
memahami ……
A. struktur tubuh
B. norma-norma
C. latar belakang budaya
D. perbedaan budaya
35.
Keanekaragaman
budaya yang ada di masyarakat meliputi…..
A. perilaku masyarakat
B. kebutuhan masyarakat
C. cara hidup
D. lokasi tempat tinggal
36.
Untuk
menciptakan hidup bersama dalam damai dan harmoni merupakan wujud dari pilar
learning to….
A. know
B. do
C. is
D. live together
37.
Unsur yang terdapat dalam komponen eksistensi manusia
yang memasyarakat adalah…
A. kepala desa
B. ketua RT
C. ketua karang
taruna
D. orang tua
38.
Perdamaian
harus dimulai dari diri kita masing-masing. Hal ini diungkapkan oleh…
A. Javier Perez
B. Juan Pelex
C. John Dewey
D. Aristoteles
39.
Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran
perdamaian adalah, kecuali…
A. introspektif
B. interaksi sosial
C. indoktrinasi
D. pengenalan lingkungan alam
40.
Menciptakan
suasana belajar yang penuh toleransi dalam pembelajaran multikultural termasuk
pada tahap........
A.
pendahuluan
B.
kegiatan
utama
C.
abstraksi
D.
kegiatan
penutup
41.
Kegiatan
yang harus dilakukan pendidik dalam , kegiatan utama dalam pembelajaran
multikultural adalah kecuali..........
A.
melibatkan
peserta didik dalam perumusan tujuan pembelajaran
B.
melibatkan peserta didik dalam perumusan anggaran
C.
menggunakan
berbagai strategi dan metode yang dapat meningkatkan partisipasi peserta didik
D.
menciptakan
interaksi komunikasi multi arah
42.
Model
komunikasi konvergen dalam pembelajaran multikultural adalah komunikasi.......
A.
satu
arah
B.
dua
arah
C.
banyak arah
D.
lintas
sektoral
43.
Di
bawah ini adalah wujud pendidikan berorientasi life skills seseorang belajar
menjahit, kemudian hasilnya ia..........
A.
Terampil
menjahit dan membetulkan mesin jahit saat rusak
B.
Dapat
mengusahakan jahitannya untuk dijual
C.
Sukses dalam keluarga dan masyarakat karena disenangi oleh mereka
D.
Bisa
memperoleh uang untuk hidup
44.
Salah
satu life skills yang termasuk dalam general life skills adalah...........
A.
personal skills
B.
vocational
skills
C.
academic
skills
D.
specific
skills
45.
Kecakapan
hidup adalah “ manual pribadi” bagi
tubuh seseorang. Pengertian itu diungkapkan oleh..........
A. Kent Davis
B. Broling
C. Slameto
D. Anwar
46.
Life
skills di bawah ini adalah bukan jenis skills yang jenis skills yang
dikelompokkan oleh Broling.......
A. occupational skills
B. personal skills
C. vocational skills
D. social skills
47.
Life
skills telah dikelompokkan menjadi personal skills, social skills, dan
vocational skills. Pengelompokan jenis-jenis skills tersebut dikemukakan
oleh...............
A.
world
health organization
B.
direktorat
jenderal PLSP
C.
Direktorat kepemudaan
D.
Broling
48.
Kecakapan
yang dikaitkan dengan bidang pekerjaan tertentu di masyarakat misalnya bidang
jasa adalah.............
A. world health organization
B. direktorat jendral PLSP
C. UNESCO
D. UNICEF
49.
Pola
penyelenggaraan life skills yang menggunakan 15 langkah adalah........
A. Direktorat Pendidikan Masyarakat
B. Direktorat Kepemudaan
C. Direktorat PADU
D. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah
50.
Di
bawah ini bukan merupakan strategi pengembangan muatan life skills pada
pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan melakukan strategi.
A.
RLT
B.
Learner
Centred
C.
Kurikulum
berbasis komptensi
D.
Kurikulum berbasis pendidikan
51.
Pengembangan
kecakapan berdasarkan minat dan kebutuhan individu dan atau kelompok sasaran
merupakan prinsip dari stretegi........
A.
RLT
B.
Learner Centred
C.
Kurikulum Berbasis Kompetensi
D.
Kurikulum
berbasis pendidikan
52.
Kegiatan
yang harus dilakukan pendidik agar peserta didik selalu berpartisipasi dalam
pembelajaran, adalah pendidik...........
A. selalu memberikan hadiah
B. selalu memberikan tugas
C. memberikan kebebasan tanpa bimbingan
kepada peserta untuk berkreasi
D. dapat mengikuti pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan dan harapannya
53.
Peranan
pendidik dalam kegiatan pembelajaran partisipatif pada awal kegiatan adalah,
kecuali...............
A.
menyampaikan
informasi tentang bahan belajar
B.
memberikan ancaman bagi peserta didik apabila tidak ikut terlibat dalam
pembelajaran
C.
memberikan
motivasi belajar
D.
memberikan
bimbingan
54.
Peran
pendidik dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif diantaranya..........
A. membantu menyiapkan seluruh keperluan
peserta belajar
B. menyiapkan dana yang diperlukan
C. menentukan anggota dalam setiap kelompok
D. membina keakraban diantara
peserta didik
55.
Indikator
dari pembelajaran kontekstual adalah, kecuali.....
A. siswa secara aktif dalam
pembelajaran
B. pembelajaran dihubungan
dengan kehidupan nyata
C. perilaku dibangun atas kesadaran
diri
D. siswa dapat bebas mencari bahan belajar
sendiri
56.
Bahasa
yang digunakan dalam pembelajaran kontekstual harus bersifat komunikatif,
artinya bahasa yang digunakan....
A. merupakan bahasa gaul
B. bahasa ibu
C. bahasa resmi
D. mudah dipahami peserta didik
57.
Indikator
berfikir kritis bagi peserta didik dalam pembelajaran
kontekstual adalah.........
A. ikut bertanggungjawab atas
terjadinya proses pembelajaran yang efektif
B. selalu bertanya kepada gurunya sekalipun
tidak penting
C. selalu berdebat dengan pendapat dengan
peserta lainnya
D. ikut melaksanakan keberhasilan
pembelajaran seseoarang
58.
No
limit to learn mempunyai makna belajar tanpa dibatasi oleh……….
A.
waktu dan ruang
B.
status social ekonomi
C.
pekerjaan
D.
fasilitas
59.
Indikator dari kreativitas seseorang yaitu, kecuali……….
A. dinamis
B. kerja keras
C. banyak akal
D. selalu berdebat
60.
Indikator
seseorang yang berorientasi ke masa depan, kecuali...............
A. tidak puas dengan yang sudah
dimiliki
B. bersikap positif dan optimis
C. menyadari keterbatasan sumber daya yang
dimiliki
D. kemampuan membaca perubahan yang terjadi
KUNCI
JAWABAN B
- A
- B
- D
- A
- A
- B
- C
- D
- A
- A
- C
- B
- A
- C
- A
- C
- D
- A
- A
- A
- C
- D
- A
- D
- B
- A
- B
- B
- B
- D
- B
- C
- B
- B
- C
- D
- D
- A
- C
- A
- B
- C
- C
- A
- A
- C
- C
- A
- B
- D
- B
- D
- B
- D
- B
- D
- A
- A
- D
- A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar