Senin, 27 Januari 2014

soal kemasyarakatan a

LATIHAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER 7
NAMA KELOMPOK         :  KELOMPOK A
MATA KULIAH                     : PEMBELAJARAN BERWAWASAN
 KEMASYARAKATAN



1.                  Di bawah ini adalah penggolongan orang belajar menurut Honey dan Mumford, kecuali….
A.     kelompok konsepsi
B.     kelompok aktivis
C.     kelompok reflektor
D.     kelompok teoris
2.                  Peserta didik yang melibatkan diri dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar termasuk kedalam kelompok….
A.     konsepsi
B.     aktivis
C.     reflektor
D.     teoris
3.                  Peserta didik yang kritis, suka menganalisis, selalu berfikir rasional, dalam kegiatan belajar termasuk ke dalam kelompok…
A.     konsepsi
B.     aktivis
C.     reflektor
D.     teoris
4.                  Ciri khas pembelajaran dengan pendekatan teori humanistik adalah anak diajak berfikir secara….
A.     induktif
B.     deduktif
C.     koordinatif
D.     komprehensif
5.                  Di bawah ini adalah pikiran Dewey yang dapat dilakukan agar sekolah menjadi sekolah yang progresif, kecuali……….
A.     Learning by doing
B.     Individual Learning
C.     Learning by experience
D.     Sekolah berfungsi memberikan motivasi bukan perintah.
6.                  Menurut John Dewey menggunakan bahan belajar yang bersumber dari lingkungan untuk digunakan di sekolah, merupakan tahapan……..
A.     Pertama
B.     Kedua
C.     Ketiga
D.     Akhir
7.                  Menurut John Dewey, anak menemukan ide atau gagasan, mengujinya dan menggunakan ide tersebut untuk memecahkan persoalan, merupakan tahapan…..
A.     Pertama
B.     Kedua
C.     Ketiga
D.     Akhir
8.                  Di bawah ini adalah metode pembelajaran yang dipergunakan dalam pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme, kecuali….   
A.     cooperative learning
B.     pembelajaran berbasis proyek
C.     penemuan (discovery)
D.     problem solving
9.                  Di bawah ini adalah prinsip konstruktivistik modern, kecuali…
A.     kurikulum disusun sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
B.     pembelajaran sebagai hakikat sosial
C.     belajar konsep harus berada pada zona perkembangan terdekat
D.     adanya pemagangan kognitif
10.              Hakekat pengetahuan menurut teori konstruktivistik adalah….
A.     konstruksi kognitif
B.     fakta pada suatu kenyataan dipelajari
C.     kumpulan informasi
D.     seluruh informasi yang diterima oleh zona perkembangan terdekat
11.              Menurut Ki Hajar Dewantoro, pendidikan adalah tuntunan….
A.     untuk mengarahkan anak
B.     untuk mendisiplinkan anak
C.     di dalam tumbuh dan berkembangnya anak-anak
D.     untuk mendewasakan anak
12.              Yang menjadi dasar pendirian Taman Siswa adalah seperti dibawah ini, kecuali…..
A.     memberikan kesempatan kepada pribumi untuk mendapatkan pendidikan
B.     menerapkan model pendidikan barat yang telah dimodifikasi untuk kepentingan pribumi
C.     memberikan alternatif model pendidikan yang berbeda dengan pendidikan barat
D.     kekhawatiran akan pendidikan barat yang tidak meyelesaikan peningkatan kualitas sumber daya manusia



13.              Di bawah ini adalah pendekatan yang dipergunakan untuk Pendidikan Taman Siswa, kecuali….
A.     Pamong
B.     Momong
C.     Among
D.     Ngemong
14.              Suatu bangsa dapat maju dan berkembang dengan dukungan teknologi.Hal ini merupakan perwujudan kebudayaan sebagai….
A.     rasa manusia
B.     karsa manusia
C.     karya manusia
D.     spirit manusia
15.              Tata cara perkawinan suku Sunda berbeda dengan tata cara perkawinan suku Batak. Hal ini merupakan perwujudan kebudayaan sebagai….
A.     adat istiadat
B.     tingkah laku
C.     gagasan
D.     idiologis
16.              Perkembangan masyarakat yang demokratis merupakan perwujudan dari masyakarat…
A.     Berbudaya
B.     Berdemokratisasi
C.     Beradab
D.     Berkepribadian
17.              Dari keseluruhan unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat, unsur-unsur tersebut yangpaling sulit berubah adalah
A.     sistem pengetahuan
B.     pranata
C.     bahasa
D.     sistem religi
18.              Kaidah yang timbul dari masyarakat sesuai dengan kebutuhannya pada suatu saat dinamakan….
A.     adat istiadat
B.     pranata
C.     hukum
D.     nilai

19.              Pola perilaku suatu norma dipergunakan oleh sesorang apabila berhubungan dengan orang lain, dinamakan….
A.     organisasi sosial
B.     hubungan sosial
C.     kehidupan sosial
D.     persatuan sosial
20.              Yang dimaksud dengan proses sosialisasi adalah
A.     Membantu individu untuk belajar terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat
B.     Membantu individu memahami karakteristik orang lain
C.     Proses pendewasaan dari orang dewasa kepada orang yang belum dewasa
D.     Proses pembudayaan agar seseorang memahami budaya yang dimiliki oleh orang lain.
21.              Yang dinamakan konsep “sebab akibat sirkuler” menurut Krober dan Kluckhohn, memiliki makna…
A.     pendidikan memiliki kaitan yang erat dengan kebudayaan
B.     pendidikan memberikan kontribusi terhadap pembentukan kepribadian seseorang
C.     kepribadian memiliki interaksi dengan kebudayaan
D.     kebudayaan membentuk kepribadian seseorang
22.              Sesuatu yang baru menurut suatu masyarakat, tetapi tidak oleh masyarakat lainnya dinamakan….
A.     Invesi
B.     Penemuan
C.     Discovery
D.     Inovasi
23.              Pendidikan mengutamakan kemandirian menuju keunggulan untuk meraih kemajuan dan kemakmuran  berdasarkan prinsip-prinsip Pancasila. Hal ini termasuk pada….
A.     Visi Pendidikan Nasional
B.     Misi Pendidikan Nasional
C.     Tujuan Pendidikan Nasional
D.     Kebijakan Pendidikan Nasional



24.              Pilar pendidikan yang mengandung makna bahwa belajar adalah untuk menjalani kehidupan bersama adalah…
A.     Learning to know
B.     Learning to do
C.     Learning to be
D.     Learning to live together
25.              Demokratisasi pendidikan mengandung makna setiap pihak….
A.     boleh mendirikan sekolah
B.     terlibat dalam pengambilan keputusan
C.     bebas menentukan biaya pendidikan
D.     terlibat dalam menentukan sumber belajar
26.              Setiap keputusan dalam pembelajaran berwawasan kemasyarakatan harus dimusyawarahkan secara bersama. Hal ini termasuk pada prinsip….
A.     Determinasi diri
B.     Membantu dirinya sendiri
C.     Mengembangkan kepemimpinan
D.     Pelayanan terpadu
27.              Setiap warga belajar harus diberi kesempatan untuk meningkatkan potensi yang dimilikinya. Hal ini merupakan prinsip….dari pembelajaran berwawasan kemasyarakatan.
A.     Determinasi diri
B.     Membantu dirinya sendiri
C.     Mengembangkan kepemimpinan
D.     Pelayanan terpadu
28.              Pelatihan diperuntukkan bagi pekerja agar mampu……
A.     bersaing
B.     mengerjakan pekerjaannya
C.     berdebat
D.     tampil prima
29.              Pasal 26 ayat 3 UU Sisdiknas tahun 2003, tentang pendidikan nonformal memuat tentang…..
A.     Satuan Pendidikan
B.     Program Pendidikan
C.     Jenis Pendidikan
D.     Tujuan Pendidikan



30.              Prinsip belajar dari pendidikan kecakapan hidup melalui belajar untuk hidup bersama dengan orang lain adalah…..
A.     Learning to know
B.     Learning to do
C.     Learning to be
D.     Learning to live together
31.              The Learness self konsep sebagai asumsi pendekatan pedagogi mengandung makna….
A.     peserta didik memeliki kebutuhan untuk mengetahui
B.     konsep diri peserta didik tergantung pada kepribadiannya
C.     peserta didik disiapkan untuk mempelajari sesuatu
D.     orientasi peserta didik pada mata pelajaran
32.              Andragogi sebagai pendekatan dalam pembelajaran diartikan sebagai seni dan ilmu….
A.     untuk mengajar orang dewasa
B.     untuk membantu memecahkan masalah orang dewasa
C.     dalam membantu peserta didik untuk belajar
D.     dalam memberikan layanan bagi orang-orang dewasa
33.              Kegiatan yang harus dilakukan pendidik untuk membantu peserta didik dalam pandangan andragogi adalah, kecuali…..
A.     membantu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif
B.     membantu meningkatkan pembiayaan untuk pembelajaran
C.     membantu menemukan kebutuhan belajar
D.     membantu menilai kegiatan belajar
34.              Untuk mengetahui konflik dari keanekaragaman budaya, yang perlu diperhatikan adalah memahami ……
A.     struktur tubuh
B.     norma-norma
C.     latar belakang budaya
D.     perbedaan budaya
35.              Keanekaragaman budaya yang ada di masyarakat meliputi…..
A.     perilaku masyarakat
B.     kebutuhan masyarakat
C.     cara hidup
D.     lokasi tempat tinggal



36.              Untuk menciptakan hidup bersama dalam damai dan harmoni merupakan wujud dari pilar learning to….
A.     know
B.     do
C.     is
D.     live together
37.              Unsur yang terdapat dalam komponen eksistensi manusia yang memasyarakat adalah…
A.     kepala desa
B.     ketua RT
C.     ketua karang taruna
D.     orang tua
38.              Perdamaian harus dimulai dari diri kita masing-masing. Hal ini diungkapkan oleh…
A.     Javier Perez
B.     Juan Pelex
C.     John Dewey
D.     Aristoteles
39.              Strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran perdamaian adalah, kecuali…
A.     introspektif
B.     interaksi sosial
C.     indoktrinasi
D.     pengenalan lingkungan alam
40.              Menciptakan suasana belajar yang penuh toleransi dalam pembelajaran multikultural termasuk pada tahap........
A.          pendahuluan
B.           kegiatan utama
C.           abstraksi
D.          kegiatan penutup
41.              Kegiatan yang harus dilakukan pendidik dalam , kegiatan utama dalam pembelajaran multikultural adalah kecuali..........
A.          melibatkan peserta didik dalam perumusan tujuan pembelajaran
B.           melibatkan peserta didik dalam perumusan anggaran
C.           menggunakan berbagai strategi dan metode yang dapat meningkatkan partisipasi peserta didik
D.          menciptakan interaksi komunikasi multi arah

42.              Model komunikasi konvergen dalam pembelajaran multikultural adalah komunikasi.......
A.          satu arah
B.           dua arah
C.           banyak arah
D.          lintas sektoral
43.              Di bawah ini adalah wujud pendidikan berorientasi life skills seseorang belajar menjahit, kemudian hasilnya ia..........
A.          Terampil menjahit dan membetulkan mesin jahit saat rusak
B.           Dapat mengusahakan jahitannya untuk dijual
C.           Sukses dalam keluarga dan masyarakat karena disenangi oleh mereka
D.          Bisa memperoleh uang untuk hidup
44.              Salah satu life skills yang termasuk dalam general life skills adalah...........
A.          personal skills
B.           vocational skills
C.           academic skills
D.          specific skills
45.              Kecakapan hidup adalah “ manual pribadi”  bagi tubuh seseorang. Pengertian itu diungkapkan oleh..........
A.    Kent Davis
B.     Broling
C.     Slameto
D.    Anwar
46.              Life skills di bawah ini adalah bukan jenis skills yang jenis skills yang dikelompokkan oleh Broling.......
A.    occupational skills
B.     personal skills
C.     vocational skills
D.    social skills
47.              Life skills telah dikelompokkan menjadi personal skills, social skills, dan vocational skills. Pengelompokan jenis-jenis skills tersebut dikemukakan oleh...............
A.          world health organization
B.           direktorat jenderal PLSP
C.           Direktorat kepemudaan
D.          Broling



48.              Kecakapan yang dikaitkan dengan bidang pekerjaan tertentu di masyarakat misalnya bidang jasa adalah.............
A.    world health organization
B.     direktorat jendral PLSP
C.     UNESCO
D.    UNICEF
49.              Pola penyelenggaraan life skills yang menggunakan 15 langkah adalah........
A.    Direktorat Pendidikan Masyarakat
B.     Direktorat Kepemudaan
C.     Direktorat PADU
D.    Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah
50.              Di bawah ini bukan merupakan strategi pengembangan muatan life skills pada pembelajaran yang berwawasan kemasyarakatan melakukan strategi.
A.          RLT
B.           Learner Centred
C.           Kurikulum berbasis komptensi
D.          Kurikulum berbasis pendidikan
51.              Pengembangan kecakapan berdasarkan minat dan kebutuhan individu dan atau kelompok sasaran merupakan prinsip dari stretegi........
A.          RLT
B.           Learner Centred
C.           Kurikulum  Berbasis Kompetensi
D.          Kurikulum berbasis pendidikan
52.              Kegiatan yang harus dilakukan pendidik agar peserta didik selalu berpartisipasi dalam pembelajaran, adalah pendidik...........
A.    selalu memberikan hadiah
B.     selalu memberikan tugas
C.     memberikan kebebasan tanpa bimbingan kepada peserta untuk berkreasi
D.    dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan harapannya
53.              Peranan pendidik dalam kegiatan pembelajaran partisipatif pada awal kegiatan adalah, kecuali...............
A.          menyampaikan informasi tentang bahan belajar
B.           memberikan ancaman bagi peserta didik apabila tidak ikut terlibat dalam pembelajaran
C.           memberikan motivasi belajar
D.          memberikan bimbingan

54.              Peran pendidik dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif diantaranya..........
A.    membantu menyiapkan seluruh keperluan peserta belajar
B.     menyiapkan dana yang diperlukan
C.     menentukan anggota dalam setiap kelompok
D.    membina keakraban diantara peserta didik
55.              Indikator dari pembelajaran kontekstual adalah, kecuali.....
A.    siswa secara aktif dalam pembelajaran
B.     pembelajaran dihubungan dengan kehidupan nyata
C.     perilaku dibangun atas kesadaran diri
D.    siswa dapat bebas mencari bahan belajar sendiri
56.              Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran kontekstual harus bersifat komunikatif, artinya bahasa yang digunakan....
A.    merupakan bahasa gaul
B.     bahasa ibu
C.     bahasa resmi
D.    mudah dipahami peserta didik
57.              Indikator berfikir kritis bagi peserta didik dalam pembelajaran kontekstual adalah.........
A.    ikut bertanggungjawab atas terjadinya proses pembelajaran yang efektif
B.     selalu bertanya kepada gurunya sekalipun tidak penting
C.     selalu berdebat dengan pendapat dengan peserta lainnya
D.    ikut melaksanakan keberhasilan pembelajaran seseoarang
58.              No limit to learn mempunyai makna belajar tanpa dibatasi oleh……….
A.    waktu dan ruang
B.     status social ekonomi
C.     pekerjaan
D.    fasilitas
59.              Indikator dari kreativitas seseorang yaitu, kecuali……….
A.    dinamis
B.     kerja keras
C.     banyak akal
D.    selalu berdebat
60.              Indikator seseorang yang berorientasi ke masa depan, kecuali...............
A.    tidak puas dengan yang sudah dimiliki
B.     bersikap positif dan optimis
C.     menyadari keterbatasan sumber daya yang dimiliki
D.    kemampuan membaca perubahan yang terjadi



KUNCI JAWABAN  B

  1. A
  2. B
  3. D
  4. A
  5. A
  6. B
  7. C
  8. D
  9. A
  10. A
  11. C
  12. B
  13. A
  14. C
  15. A
  16. C
  17. D
  18. A
  19. A
  20. A
  21. C
  22. D
  23. A
  24. D
  25. B
  26. A
  27. B



  1. B
  2. B
  3. D
  4. B
  5. C
  6. B
  7. B
  8. C
  9. D
  10. D
  11. A
  12. C
  13. A
  14. B
  15. C
  16. C
  17. A
  18. A
  19. C
  20. C
  21. A
  22. B
  23. D
  24. B
  25. D
  26. B
  27. D
  28. B
  29. D
  30. A
  31. A
  32. D
  33. A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar